Translate

Kamis, 03 Mei 2012

Salah Satu Contoh Pembuatan Proposal Skripsi PG PAUD


PROPOSAL SKRIPSI

A.    Judul
Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Permainan Bola Kata Anak Tk .............................................................. Tahun Pelajaran 2010/2011.
B.  Bidag  Kajian.
Pembelajaran anak Tk  dengan  Tema Kendaraan dan Sub Tema Macam – macam kendaraan.
C.  Latar  Belakang.
Sejalan dengan perkembangan dunia pendidikan yang ada di Indonesia, maka persaingan mutu pendidikan ketat dan perlu adanya pembenahan terutama dalam dunia pendidikan anak usia dini.
Dalam melaksanakan program kegiatan belajar di taman kanak – kanak guru harus melakukan berbagai cara dan harus kreatif mengingat pada umumnya anak Tk sering mengalami masalah yang disebabkan masih kurangnya pengetahuan atau sebagai akibat dari keterbatasan kemampuan berkomunikasi.
Memiliki keterampilan berbicara tidaklah semudah yang dibayangkan , banyak orang terampil menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan, namun mereka kurang terampilan menyajikan dalam bentuk lisan ( langsung ).
Keterampilan berbicara mempunyai peranan sosial yang sangat penting dalam kehidupan manusia . Karena setiap hari pasti kita melakukan kegiatan berbicara ini. Baik untuk menyampaikan ide, gagasan, pesan, musyawarah dan seterusnya.
Mengingat hal – hal tersebut di atas keterampilan berbicara penting untuk ditingkatkan terutama di mulai sejak anak usia Tk. Di harapkan dengan anak senang dengan permainan ini maka materi di sekolah juga dapat diterima dengan baik. Sehingga keterampilan berbicara pada anak meningkat tanpa anak merasa terbebani .
Berdasarkan kajian di atas maka kami tertarik mengambil sebuah judul " Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Permainan Bola Kata Anak Tk Kelompok B .............................................................. Tahun Pelajaran 2010 / 2011 "
D.  Rumusan Masalah  dan Pemecahan  Masalah.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka ditetapkan  rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana keterampilan berbicara anak Tk Kelompok B .............................................................. Tahun Pelajaran 2010/2011?
2.      Bagaimana penerapan permainan bola kata anak Tk kelompok B ...........................Tahun Pelajaran 2010/2011?
3.      Apakah dengan penerapan permainan bola kata dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak Tk kelompok B.............................................................. Tahun Pelajaran 2010/2011?


2.  Pemecahan Masalah.
Anak yang mendapat perlakuan khusus seperti belajar sambil bermain tentunya akan memperoleh motivasi serta meningkatkan minat dalam belajarnya dengan demikian dapat menghasilkan atau menguasai sesuatu yang dipelajarinya baik secara kelompok bahkan secara individu sekaligus dengan diberikannya perlakuan dan perhatian yang lebih baik dalam belajar di sekolah maupun di rumah. Tentunya akan lebih baik pula penguasaan keterampilan dalam rutinitas belajar dengan berbagai media yang tersedia dan terorganisir dengan baik paling tidak akan mampu mengkoordinasikan dalam bentuk motivasi ekstrinsik bagi murid itu sendiri.
Dengan demikian hipotesis yang kami ajukan dalam proposal ini adalah melalui permainan bola kata akan memperbanyak perbendaharaan kata dan membangkitkan kemampuan anak untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, sikap dan pendapat melalui bahasa yang sederhana secara tepat. 
E. Tujuan  Penelitian.
Berdasarkan permasalahan yang ada maka tujuan penelitian ini adalah:
1.      Untuk mengetahui keterampilan berbicara anak Tk kelompok B .............................................................. Tahun Pelajaran 2010/2011.
2.      Untuk mengetahui penerapan permainan bola kata anak Tk kelompok B ..............................................................  Tahun Pelajaran 2010/2011.
3.      Untuk mengetahui bahwa dengan penerapan permainan bola kata dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak Tk kelompok B .............................................................. Tahun Pelajaran 2010/2011.
F.  Manfaat  Penelitian.
1.      Manfaat bagi anak didik.
a.       Anak akan mendapat banyak perbendaharaan kata .
b.      Membangkitkan kemampuan anak untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, sikap dan pendapat melalui bahasa yang sederhana.
2.      Manfaat bagi guru
a.       Guru tidak akan cepat jenuh sebab teknik  mengajar ini belajar seraya bermain .
b.      Guru lebih kreatif.
3.      Manfaat bagi sekolah.
a.       Sekolah akan memiliki dan menerapkan banyak metode dalam pembelajaran.
b.      Sekolah akan menghasilkan lulusan anak didik yang berprestasi sebab pembelajaran yang bermutu.
G.  Kajian Pustaka
1.      Pengertian Berbicara
Menurut beberapa aksi sebagai berikut : menurut Maidar G. Arsjad berbicara adalah : mengucapkan bunyi – bunyi artikulasi atau mengucapkan kata – kata untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan (1987 : 17).
Menurut Henry Guntur Tarigon berbicara adalah : suatu keterampilan berbahasa yang berkembang pada anak, yang didahului oleh keterampilan menyimak dan pada saat itulah kemampuan berbicara dipelajari (1984 : 3).
Sedangkan menurut Yeti Mulyati, dkk berbicara adalah : Proses penyampaian pesan dengan mengggunakan bahasa lisan, pesan yang diterima oleh penyimak bukanlah wujud aslinya melainkan berupa bunyi bahasa yang kemudian di alihkan menjadi bentuk semula yaitu ide atau gagasan sama seperti yang dimaksudkan oleh pembicara (2003 : 16).
Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa berbicara adalah suatu alat mengkomunikasikan gagasan – gagasan yang disusun dengan kebutuhan – kebutuhan sang pendengar atau penyimak.
2.      Pengertian Bermain
Bermian yaitu berlatih mengekspresikan, merekayasa, mengulang latihan apapun yang dapat dilakukan untuk mengtransformasi secara imajinatif hal – hal yang sama dengan dunia orang dewasa. Permainan yang dapat menambah nilai antara lain :
a)      Permaianan harus terkait dengan tempat belajar.
b)      Permaianan harus memberi kebebasan pada anak untuk bekerja sama dan berkreasi.
c)      Permainan harus memberi kebebasan pada siswa untuk bekerja sama
d)     Dan sebagainya.

3.   Pengertian Bola Kata
Dalam kamus besar Bahasa Indonesia arti bola adalah :
a)      Benda bulat yang dibuat dari karet untuk bermain
b)      Barang yang bentuknya menyerupai bulatan
Sedangkan kata artinya :
Kumpulan dari beberapa huruf yang membentuk menjadi sebuah arti.
Jadi dapat disimpulkan pengertian pola permainan bola adalah permainan yang menggunakan bola yang bertuliskan sebuah kata.
Penerapan permainan ini adalah setelah anak menerima bola sebelum melempar ke teman lain, harus mendiskripsikan dulu sesuatu (…) baru melempar ke teman lain.
H.   Rencana  Dan Prosedur Penelitian
1.      Rencana Penelitian
a.       Subyek Penelitian
Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan subyek penelitian anak TK Kelompok B .............................................................. yang terdiri dari ......anak : putra ...., putri.....
b.      Pengumpulan Data
Dalam penelitian tehnik pengumpulan data dengan cara tes dan pengamatan. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan berbicara anak TK Kelompok B .................................................................... Sedangkan pengamatan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana anak dalam mengikuti proses pembelajaran serta dalam menerima materi.
Jenis tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lisan. Alasan menggunakan tes lisan sebab yang ingin diuji adalah kemampuan berbicara. Adapun kisi – kisi yang akan dinilai antara lain
1)      Kelancaran berbicara
2)      Ketepatan isi
3)      Penggunaan intonasi
4)      Pelafalan
Sedangkan pengamatan dilakukan secara global bukan individu. Kriteria yang digunakan dalam pengamatan ini meliputi respon anak terhadap permainan, kekompakan, keaktifan, dan kesungguhan anak dalam permainan. Pengamatan akan dilaksanakan ketika permainan berlangsung.
c.       Data dan Refleks
Data dalam penelitian ini diambil dengan cara mencatat semua aktifitas anak ketika permainan berlangsung.
d.      Tempat Penelitian
Dalam penelitian ini peneliti mengambil tempat di TK .............................................................. . Peneliti berpendapat dengan penelitian ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga ini.

e.       Waktu Penelitian
Adapun waktu penelitian direncanakan selama 2 bulan. Dimulai dari perencanaan, observasi, dan tindakan beserta pelaporannya.
f.       Lama Tindakan
Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan dan terdiri dari 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2.
2.      Langkah – langkah penelitian
Siklus 1
a.       Perencanaan
Hal – hal yang akan direncanakan dalam tindakan kelas ini adalah
1)      Merencanakan pembelajaran yang akan berlangsung
2)      Menentukan pokok bahasan
3)      Membuat lembar observasi pembelajaran
b.      Pelaksanaan tindakan
Pelaksanaan yang dilakukan penelitian dalam tindakan kelas ini adalah
1)      Mengelompokkan siswa menjadi 2 kelompok
2)      Tiap kelompok memilih 1 anak untuk menjadi ketua
3)      Guru membagikan bola pada tiap – tiap kelompok dan menerangkan bagaimana cara permainan bola kata tersebut.
4)      Tiap kelompok melakukan permainan sesuai dengan materi
5)      Guru melakukan pengamatan selama proses permainan berlangsung
6)      Memberikan tes evaluasi satu di akhir siklus 1
c.       Obsevasi
Observasi dilakukan sambil melaksanakan tindakaa pertama. Obsevasi bertujuan untuk mengetahui tentang proses pelaksanaan pembelajaran dengan tehnik permainan bola kata dan untuk mendapatkan data keaktifan anak, sedangkan untuk mengetahui proses pendekatan pembelajaran dengan tehnik permaianan bola kata dilakukan pemantauan berupa catatam lapangan atau rekaman data.
d.      Refleksi
Berdasarkan data yang diperoleh setelah pelaksanaan tindakan 1, maka data tersebut diolah dan dianalisis, kemudian diperoleh masukan sehingga mampu mengambil keputusan, baik sebelum maupun sesudah pembelajaran berlangsung.
Dari analisis tersebut akan diketahui keefektifan yang telah di susun. Serta indicator efektif untuk memperbaiki hasil observasi yang memberi petunjuk yang dilakukan pada tindakan siklus 2.
Siklus 2
a.       Perencanaan
Berdasarkan analisis dan refleksi 1, rencana dan tindakan pada siklus 2 adalah dengan mengubah kelompok permainan menjadi satu kelompok besar yang dipimpin oleh seorang anak yang diperoleh dari siapa yang tercepat bias mendiskripsikan benda yang dilontar oleh guru.

b.      Tindakan
Pelaksanaan tindakan 2 berdasarkan rencana tindakan 2 yaitu sebagai berikut :
1)      Siswa bersama guru mengulas materi yang lalu tentang mendiskripsikan benda.
2)      Siswa membentuk satu lingkaran besar.
3)      Guru berada di tengah – tengah lingkaran sambil memberikan pertanyaan, bagi siapa yang bisa menjawab menjadi pimpinan dalam permainan ini
4)      Setelah ditentukan pimpinan kelompoknya maka permainanpun dimulai.
5)      Guru mengadakan pengamatan selama proses permainan.
6)      Melakukan evaluasi 2 diakhir siklus 2 untuk mengetahui kemampuan siswa terhadapt materi.
c.       Observasi / Evaluasi.
Sambil melaksanakan tindakan 2 juga dilakukan tindakan observasi untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran selama berlangsung.
Sebagaimana disebutkan, bahwa tujuan permainan bola kata ini adalah untuk memperbanyak kosa kata anak dan membangkitkan kemampuan anak untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, sikap dan pendapat melalui bahasa secara tepat untuk mengetahui perubahan sikap murid setelah diadakan tindakan dapat diperoleh dari antusias anak dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan anak dalam menyerap materi dapat dilihat dari tabel penilaian masing – masing siklus.
I.       Analisis Hasil Dan Refleksi
Berdasarkan data pada siklus 1 dan 2 maka selanjutnya data tersebut dianalisis dan direfleksi yang dilakukan dengan melihat hasil observasi apakah tindakan yang dilakukan dapat meningkatkan mutu pembelajaran.
1.      Perubahan anak pada kemampuan berbahasa khususnya pada keterampilan berbicara
a.       Pada proses praktikum pembelajaran
b.      Dari hasil penilaian tabel
c.       Perbandingan hasil yang dicapai tiap – tiap siklus
2.      Peningkatan keterampilan berbicara anak melalui permainan bola kata setiap siklus
Jika melihat hasil pengamatan, hasil nilai tabel dan penjajagan akhir siklus masih menemui kekurangan, maka dilakukan hipotesis faktor penyebabnya pada pertemuan siklus berikutnya. Selanjutnya mencari jalan pemecahannya untuk disusun sebagai rancangan tindakan siklus tahap  2.

K. Jadwal Penelitian
NO
KEGIATAN
PEKAN PERTEMUAN PER BULAN

 MARET
APRIL  

1
2
3
4
1
2
3
4
1
Perencanaan
√ 







2
Proses Pembelajaran






3
Evaluasi


√ 



√ 

4
Pengumpulan Data



 √




5
Analisis Data







6
Penyusunan Hasil





 √
 √

7
Pelaporan Hasil







√ 












L. Biaya Penelitian
Akibat yang timbul dari PTK ini menjadi tanggung jawab peneliti adapun biaya tersebut adalah :
1.      Foto copy naskah                                           Rp.   50.000,00
2.      Kertas HVS A4S 70 g                                   Rp.   40.000,00
3.      Jilid buku                                                        Rp.   45.000,00
4.      Cetak / blue print computer                            Rp.   50.000,00
5.      Seminar proposal                                            Rp.   50.000,00
6.      Revisi & cetak jilid                                         Rp.   50.000,00
7.      Lain – lain                                                       Rp.   25.000,00______
Jumlah                                                             Rp. 310.000,00

M. CURRICULUM VITAE
Data peneliti :
Nama                     : .....................................
NPM                     :...................................
Pekerjaan               : ....................................
      Alamat                    : ....................................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar