Translate

Kamis, 21 Juni 2012

PUBERTAS


PUBERTAS




1.      Pengertian Pubertas
Pubertas adalah masa dimana tubuh sedang mengalami perubahan besar-besaran, dari struktur tubuh anak-anak menjadi struktur tubuh orang dewasa. Masa ini ditandai dengan kematangan organ reproduksi tumbuhnya seks sekunder.
2.      Penyebab Munculnya Pubertas
Penyebab munculnya pubertas ini adalah hormon yang dipengaruhi oleh hipotesis (pusat dari seluruh sistem kelenjar penghasil hormon tubuh). Berkat kerja hormon ini, remaja memasuki masa pubertas sehingga mulai muncul ciri-ciri kelamin sekunder yang dapat membedakan antara perempuan dan laki-laki. Dengan kata lain, pubertas terjadi karena tubuh mulai memproduksi hormon-hormon seks sehingga alat reporduksi telah berfungsi dan tubuh mengalami perubahan. Hormon seks yang mempengeruhi perempuan adalah Estrogen dan progesteron yang diproduksi di indung telur, sedangkan pada laki-laki diproduksi oleh testis dan dinamakan testosteron. Hormon-hormon tersebut ada di dalam darah dan mempengaruhi alat-alat dalam tubuh sehingga terjadilah bebarapa pertumbuhan.
Hormon estrogen dapat merangsang pertumbuhan saluran susu di payudara sehingga payudara membesar. Selain itu merangsang pertumbuhan saluran telur rongga rahim dan vagina sehingga membesar. Pada vagina, estrogen membuat dinding kian tebal dan cairan vagina bertambah banyak. Hormon progesteron meningkatkan produksi lemak di kulit dan meningkatkan suhu badan. Efek hormon progesteron yang terpenting ialah pada rahim dan merangsang kelenjar-kelenjar agar mengeluarkan cairan pemupuk bagi sel telur yang dibuahi dan memperkuat kedudukannya di dinding rahim.
Hormon testeregon dihasilkan oleh testis. Hormon ini mempengaruh alat-alat dalam tubuh dan menyebabkan terjadinya beberapa pertumbuhan seks primer. Hormon ini bersama anak ginjal (androgen) menimbulkan ciri-ciri pertumbuhan seks sekunder.
3.      Ciri-ciri Munculnya Pubertas
-         Ciri Primer
Yaitu matangnya organ seksual yang di tandai dengan adanya menstruasi pertama pada anak perempuan dan produksi cairan sperma pertama pada anak laki-laki.
-         Ciri Sekunder
Meliputi perubahan pada bentuk tubuh pada perempuan dan laki-laki. Anak wanita mulai tumbuh buah dada, panggul membesar, paha membesar, dan tumbuh bulu-bulu pada alat kelamin
Pada laki-laki terjadi perubahan otot, bahu melebar, suara mulai berubah tumbuh bulu-bulu pada alat kelamin dan ketiak serta kumis pada bibir.

4.      Tahapan Perkembangan Pada Manusia
-         Periode prakelahiran (prenatal period)
Ialah saat dari pembuahan hingga kelahiran. Periode ini merupakan masa pertumbuhan yang luar biasa dari satu sel tunggal hingga menjadi organisme yang sempurna dengan kemampuan otak dan perilaku, yang dihasilkan kira-kira dalam periode 9 bulan.
Tahapan perkembangan pada masa embrio
Bulan pertama
:
Sudah terbentuk organ-organ tubuh yang penting seperti jantung yang berbentuk pipa, sistem syaraf pusat (otak yang berupa gumpalan darah) serta kulit. Embrio berukuran 0,6 cm.
Bulan kedua
:
Tangan dan kaki sudah terbentuk, alat kelamin bagian dalam tulang rawan (cartilago), embrio berukuran 4 cm
Bulan ketiga
:
Seluruh organ tubuh sudah lengkap terbentuk, termasuk organ kelamin luar. Panjang embiro mencapai 1 cm dengan berat 20 gram
Bulan keempat
:
Sudah disebut dengan janin dan janin mulai bergerak aktif. Janin mencapai berat 100 gram dengn panjang 14 cm
Bulan kelima
:
Janin akan lebih aktif bergerak, dapat memberikan respon terahdap suara keras dan menendang. Alat kelamin janin sudah lebih nyata dan akan terlihat bila dilakukan USG (Ultra Sonografi)
Bulan keenam
:
Janin sudah dapat bergerak lebih bebas dengan emutar badan (posisi)
Bulan ketujuh
:
Janin bergerak dengan posisi  kepala ke arah liang vagina
Bulan kedelapan
:
Janin semakin aktif bergerak dan menendang. Berat dan panjang janin semakin bertambah, seperti panjang 35 – 40 cm dan berat 2500 – 3000 gram.
Bulan kesembilan
:
Posisi kepada janin sudah menghadap liang vagina. Bayi siap untuk dilahirkan.
-         Masa bayi (infacy)
Ialah periode perkembangan yang merentang dari kelahiran hingga 18 atau 24 bulan. Masa bayi adalah masa yang sangat bergantung pada oang dewasa. Banyak kegiatan psikologis yang terjadi hanya sebagai permulaan seperti bahasa, pemikiran psikologis, koordinasi sensorimotor, dan belajar sosial.
-         Masa awal anak-anak (early ehidhood)
Yaitu periode perkembangan yang merentang dari masa bayi hingga usia lima atau enam tahun, periode ini biasanya disebut dengan periode prasekolah. Selama masa ini, anak-anak kecil belajar semakin mandiri dan menjaga diri mereka sendiri, mengembangkan ketrampilan kesiapan bersekolah (mengikuti perintah, mengidentifikasi huruf) dan meluangkan waktu berjam-jam untuk bermain dengan teman-teman sebaya, jika telah memasuki kelas satu sekolah dasar, maka secara umum mengakhiri masa awal anak-anak.
-         Masa pertengahan dan akhir anak-anak (midle and late childhood)
Ialah periode perkembangan yang merentang dari usia kira-kira enam hingga sebelas tahun, yang kira-kira setara dengan tahun-tahun sekolah dasar, periode ini biasa disebut dengan tahun-tahun sekolah dasar. Keterampilan-keterampilan sundamental seperti membaca, menulis, dan berhitung telah dikuasai. Anak secara formal berhubungan dengan dunia yang lebih luas dan kebudayaan. Prestasi menjadi tema yang lebih sentral dari dunia anak dan pengendalian diri mulai meningkat.
-         Masa remaja (adolescence)
Ialah suat periode transisi dari masa awal anak hingga masa awal dewasa. Yang dimasuki pada usia kira-kira 10 hingga 12 tahun dan berakhir pada usia 18 tahun hingga 22 tahun. Masa remaja bermula pada perubahan fisik yang cepat. Pertambahan berat dan tinggi badan yang drastis, perubahan bentuk tubuh dan perekmbangan karakteristik seksual seperti pembesaran buah dada, perekembangan pinggang dan kumis, dan dalamnya suara. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas sangat menunjul (pemikiran semakin logis, abstrak, dan idealistis) dan semakin banyak menghabiskan waktu di luar keluarga.
-         Masa awal dewasa (early adulthood)
Ialah periode perkembagan yang bermula pada akhir usia belasan tahun atau awal usia dua puluhan tahun dan berakhir pada usia tiga puluhan tahun. Ini adalah masa pembentukan kemandirian pribadi dan ekonomi, masa perkembangan karir, dan bagi banyak orang, masa pemilihan pasangan, belajar hidup dengan seseorang secara akrab, memulai keluarga dan mengasuh anak. 
-         Masa pertengahan dewasa (midle adulthood)
Ialah periode perekmbangan yang bermula pada usia kira-kira 35 tahun hingga 45 tahun dan merentang hingga usia enam puluhan tahun. Ini adalah masa untuk memperluas keterlibatan dan tanggung jawab pribadi dan sosial seperti membantu generasi berikutnya menjadi individu yang berkompeten, dewasa dan mencapai serta mempertahankan kepuasan dalam berkarir.
-         Masa akhir dewasa (late adulthood)
Ialah periode perkembangan yang bermula lpada usia enam puluhan atau tujuh puluhan tahun dan berakhir pada kematian. Ini adalah masa penyesuaian diri atas berkurangnya kekuatan dan kesehatan, menatap kembali kehidupannya, pensiun, dan penyesuaian diri dengan peran-peran sosial baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar