Halo! Selamat Datang di Pendidikan Network. Nama saya Phillip dan
saya lulusan universitas dengan Majors Keguruan dan Pengembangan Sumber
Daya Manusia tetapi karir asli saya di dalam bidang Elektronik dan
Teknologi Pendidikan. Saya mencintai negera ini dan masyarakatnya dan
saya berharap kita dapat bersama mencoba untuk meningkatkan mutu
pendidikan di Indonesia.
Saya sudah mulai peduli mengenai pendidikan di
Indonesia sejak saya tiba di sini pada tahun 1983. Tugas saya waktu itu
termasuk mencari tenaga teknisi dan memberi latihan tentang teknologi
belajar kepada teknisinya. Dari observasi umum saya dan pengalaman saya
menginterview calon teknisi yang berpendidikan cukup tinggi
'kelihatannya' ada tiga hal penghambat pendidikan
di Indonesia yang menurut saya sangat penting sebagai negara yang sedang
berkembang; (1) Pendidikan di Indonesia tidak mengajak pelajar berpikir
secara individu, menganalisa, atau mandiri (2) Sekolah kejuruan untuk
"middle-level" (teknisi, tukang, sekretaris, dll) sangat kurang. (3)
Pendidikan setelah sekolah dasar terlalu mahal untuk mayoritas
masyarakatnya.
Di kantor dan di rumah saya sudah menggunakan
komputer sejak awal tahun 1972 tetapi dulu komputer-komputer tersebut
memang terlalu lambat dan terbatas sekali untuk berkomunikasi secara
efektif (kecuali kalau dananya tidak terbatas). Baru beberapa tahun yang
lalu kemampuan komputer personal mulai jauh lebih baik, dan
bahan-bahan yang mulai muncul di Internet lebih menarik. Tetapi
sebelum saya tiba lagi di Indonesia tahun 1998 saya mencari informasi
mengenai pendidikan di Indonesia di Internet dan kelihatannya informasi
(dlm Bahasa Indonesia) yang menguntungkan pendidik dan pelajar sangat
kurang. Jadi sebelum saya tiba di Indonesia lagi tahun 1998 saya ingin menambah informasinya, tetapi bentuknya belum terpikirkan.
Telah menyelesaikan dua kali dinas bersama DEPDIKNAS
dalam ranka (1) Language Technology Consultant and (2) School
Development Consultant, yang jelas ada banyak pendidik dan kepala
sekolah yang sangat peduli dan ingin meningkatkan kemampuannya dan
profesionalisme. Juga banyak yang sudah melaksanakan sesuatu di
sekolahnya yang boleh disebut hebat (sangat menguntungkan pelajarnya).
Tetapi, masalahnya yang sangat merugikan negaranya yaitu pendidik-pendidik tidak memiliki sistem berkomunikasi yang efektif. Jadi pengalaman-pengalaman dan kemajuan di sekolah tertentu tidak disiaran dan tidak menguntungkan sekolah lain. Jadi saya merasa yang paling penting dulu yaitu membuat jaringan komunikasi - memberi kesempatan!
Homepage Sekolah Menengah (http://smun.net)
merupakan homepage yang pertama yang diciptakan secara perorangan di
tahun 1998. Pada akhir tahun 1998, setelah mencari lagi secara luas pada
Internet segala sumber daya yang berhubungan dengan pendidikan di
Indonesia, maka mulai jelaslah bahwa terdapat sedikit sekali informasi
maupun materi yang bermanfaat bagi pendidik atau sekolah-sekolah di
Indonesia. Amat banyak ditulis mengenai manfaat dan hebatnya Internet
bagi pendidikan di Indonesia (Hype). Akan tetapi informasi yang sungguh
bermanfaat bagi sekolah boleh dikata tidak ada di Internet. Dan yang
lebih penting lagi, hampir tidak ada sama sekali kesempatan bagi para
pendidik dan yang berminat terhadap pendidikan secara umum untuk
berpartisipasi dan menyumbangkan tenaga bagi pengembangan pendidikan (via internet).
Di tanah air Indonesia, yang terdiri dari 17,000
pulau lebih, jalur komunikasi efektif dan partisipasi masyarakat dalam
pengembangan pendidikan masih sulit. Pendidikan.Net telah terdaftar pada
tahun 1999 karena dianggap sangat penting untuk memberikan kesempatan
bagi masyarakat secara umum untuk berpartisipasi melalui internet dalam
pengembangan pendidikan secara adil dan merata. Pencipta Pendidikan.Net
yang telah menyaksikan pengembangan yang cukup pesat di berbagai
sekolah melalui proses self-empowerment (pemberdayaan diri), percaya
bahwa mutu pendidikan di Indonesia dapat
ditingkatkan dengan cepat dan secara signifikan bilamana sumber daya
manusia dan sumber daya lainnya yang sudah terdapat di Indonesia
dimanfaatkan penuh. Melalui di-desentralisasinya pendidikan dan
program pelaksanaan School-Based Management atau SBM (yaitu, manajemen
berbasis sekolah [MBS]) maka kesempatan untuk meningkatkan pendidikan
di Indonesia akan bertambah besar. Akan tetapi, semua
ini hanya bisa efektif jika suara masyarakat pendidikan secara luas
didengarkan dan kemandirian masyarakat secara luas pula dapat dicapai.
Pada tahun-tahun berikut Jaringan Pendidikan Network
tersebut telah memulai berbagai tahap dalam perkembangannya, termasuk
pula berbagai perubahan nama untuk mendapatkan suatu nama yang mudah diingat
dan yang berhubungan langsung dengan sektor pendidikan maupun sektor
masyarakat yang berkepentingan. Nama-nama yang telah dipilih adalah
sebagai beikut:
Ini situs dasar Pendidikan Network: Selain in ada 12 Website lagi untuk kebutuhan spesifik termasuk: Pen-friends.Net (untuk latihan bahasa).
Jelaslah bahwa salah satu masalah dalam mempergunakan
internet bagi pengembangan pendidikan di Indonesia adalah kurangnya
prasarana (terutama di berbagai propinsi). Dari sejumlah contoh yang
diperoleh dari beberapa sekolah yang melaksanakan "pengembangan diri
sendiri" di Indonesia maka nyata sekali bahwa jalan
satu-satunya yang paling efektif untuk mencapai "prasarana secara
kesinambungan" dan pertumbuhan secara merata adalah melalui suatu sistem
pelaksanaan di sekolah-sekolah yang berdasarkan MBS yang efektif. Sudah dapat dilihat dari masa lampau bahwa pengadaan
fasilitas dari pusat seringkali tidak sesuai dengan kebutuhan
sekolah-sekolah secara umum, tidak dapat bertahan lama disebabkan jarak
yang sangat jauh dengan pusat pelayanan, dan acapkali pula telah
dilaksanakan baik tanpa dukungan penuh dari daerah maupun persiapan yang
cukup. Situs Teknologi Pendidikan.Net yang dulu dibuat di "Teknologi.US", sekarang menjadi:
E-Pendidikan.Com menjelaskan proses dasar (yang
konsisten dengan MBS) untuk memperoleh fasilitas komputer dan internet
di sekolah. Juga dibahas berbagai kenyataan yang berhubungan dengan
masalah-masalah belajar/mengajar dan cara ekonomis dalam pemakaian
internet (terutama bagi sekolah-sekolah di Indonesia). Isinya
E-Pendidikan.Com akan terus ditingkatkan dan anda dapat menemukan banyak
petunjuk bermanfaat bagi pengguna internet.
Di Indonesia ada banyak tantangan terhadap perkembangan pendidikan dan
salah satu yang sangat penting adalah korupsi. Korupsi tidak hanya
mencuri anggaran negara masa kini, tetapi karena korupsi sangat
merugikan perkembangan pendidikan, penghasilan negara untuk
generasi-generasi di masa yang akan datang juga sangat dirigikan. Kami
menyediakan kesempatan membahas masalah-masalah pendidikan dan korupsi
di:
"Pendidikan.Net"
Pendidikan Network diciptakan bagi semua yang peduli pada pendidikan di Indonesia. Penciptanya sering menganggapnya sebagai PNI - Perjuangan (Pendidikan Network Indonesia - Perjuangan)
oleh karena masih mengurus 40+ situs (150 domain) sendirian, mencoba
mengupdate setiap hari, dan dananya sangat terbatas. Pendidikan.Net
sebagai life-long proyek tetapi bentuknya akan ditentukan oleh kebutuhan
and keinginan Anda di lapangan. Perlu diketahui pula bahwa
Pendidikan.Net akan tetap bebas dari berbagai pengaruh bisnis, dan
sekarang dibiayai 100% secara perorangan. Maksud
tujuan Pendidikan.Net akan tetap untuk memberi kesempatan bagi semua
yang ingin bersuara untuk menentukan masa depan pendidikan di Indonesia!
Phillip R. (Informasi Lanjut (Bahasa Inggris) untuk Konsultan) |
Jelajahi blog ini, banyak artikel yang anda cari, BSE, Skripsi, Ramuan Herbal, Sampai Iklan Gratis Maupun yang Premiun ada di sini.
Jumat, 29 Juni 2012
English Language Here
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar