Translate

Selasa, 19 Juni 2012

Makanan ini bisa redakan sakit kepala


Sakit kepala adalah penyakit yang hampir sering diderita oleh banyak orang. Berbagai macam alasan yang mengakibatkannya. Bisa karena stres, kepanasan, atau lainnya. Jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan. Coba redakan sakit kepala Anda dengan bahan alami terlebih dahulu. Sheknows.com memberikan beberapa pilihannya untuk Anda:

1. Air


Sakit kepala umumnya terjadi karena dehidrasi. Jadi, coba cukupi kebutuhan air dalam tubuh Anda dengan minum 8 gelas sehari. Tambahkan lemon atau jeruk nipis agar lebih segar. Anda juga bisa mencoba minuman yang mengandung elektrolit jika Anda sering mengalami sakit kepala setelah berolahraga.



2. Gandum


Gandum tidak hanya makanan yang kaya serat, tetapi juga kayak akan magnesium. Magnesium sangat diperlukan jika Anda mengalami sakit kepala karena menstruasi. Carilah makanan atau kudapan yang mengandung gandum utuh. Makanan kaya akan magnesium lain yang bisa Anda coba adalah ikan laut, kacang-kacangan, alpukat, dan sayuran hijau.



3. Ikan salmon


Tak hanya salmon, ikan tuna dan makarel juga bagus untuk dikonsumsi saat sakit kepala. Karena ikan-ikan ini kaya akan omega-3, lemak sehat yang bisa mencegah peradangan pada otak. Tambahkan irisan salmon pada sarapan Anda, atau makan bersama sayuran saat makan siang dan malam. Biji rami, dan minyak biji rami juga banyak mengandung omega-3.



4. Minyak Zaitun


Kaya akan antioksidan berupa vitamin E, minyak zaitun dapat membantu sirkulasi, mengurangi peradangan, dan menyeimbangkan level hormon Anda. Makanan lain yang kaya vitamin adalah tanaman yang mengandung minyak, kacang, selai kacang, biji-bijian, dan mentega



5. Jahe


Jahe tidak hanya bagus untuk mual, tapi juga sangat berguna untuk mengatasi sakit kepala. Jahe mengandung zat anti radang dan antihistamine. Anda bisa menggunakan akar jahe untuk minuman atau mengkonsumsi permen jahe jika sakit kepala menyerang.



6. Yang tidak boleh dimakan


Sensitif terhadap makanan juga bisa menyebabkan seseorang terkena sakit kepala, baik tingkat ringan maupun sakit kepala hebat. Pastikan Anda juga berhati-hati dengan makanan yang Anda konsumsi. Makanan-makanan yang bisa menyebabkan sakit kepala adalah keju yang sudah lama, zat tambahan (seperti MSG, pemanis buatan, pewarna buatan, dan lainnya), coklat, alkohol, dan kafein. Jika Anda sering mengalami sakit kepala, coba cek makanan apa yang Anda konsumsi atau aktivitas Anda saat itu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui penyebabnya dan bisa segera Anda obati.



Sumber: merdeka | Berita Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar